Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

Saat ini tidak ada agenda

CONTACT US FACEBOOK

PELAPORAN HASIL PEMERIKSAAN LABORATORIUM KLINIK KRITIS

Pelaporan hasil pemeriksaan laboratorium klinik kritis merupakan pelaporan hasil tes laboratorium yang kritis kepada Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP). Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Laboratorium yang berkualitas, maka diperlukan pelaporan Hasil Pemeriksaan Laboratorium Klinik Kritis di RS Keluarga sehat. Pelaporan nilai kritis merupakan salah satu indikator mutu pelayanan laboratorium klinik. Standart tidak dilaporkannya nilai kritis adalah tidak ada (0%).

Pelaporan hasil pemeriksaan kritis merupakan salah satu bentuk komunikasi yang rentan terhadap kesalahan. Menurut Permenkes RI Nomor 1691/MENKES/PER/VIII/2011 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit, komunikasi efektif akan mengurangi kesalahan dan menghasilkan peningkatan keselamatan pasien. Untuk itu diperlukan adanya komunikasi yang efektif dalam pelaporan hasil pemeriksaan kritis.

08-08-2016 11-07-48

Dari grafik diatas dapat dilihat prosentasi tidak dilaporkannya nilai kritis semester 1 tahun 2016 mengalami penurunan yang signifikan, hal ini berarti terjadi peningkatan dalam pelaporan nilai kritis laboratorium pada semester 1 tahun 2016. Pada bulan Januari 2016, ada 54 nilai kritis laboratorium yang tidak terlaporkan dan pada bulan Februari 2016 ada 1 nilai kritis yang tidak terlaporkan. Penyebab tidak dilaporkannya nilai kritis adalah petugas kurang disiplin atau lupa dalam melaporkan hasil kritis, sistem pencatatan pelaporan nilai kritis belum sempurna sehingga nilai kritis yang sudah dilaporkan tidak terdokumentasi dengan baik. Selain itu terdapat kendala dari Unit Rawat Inap terkait kesulitan dalam menghubungi DPJP untuk melaporkan hasil nilai kritis. Peningkatan pelaporan nilai kritis laboratorium ini ditentukan oleh keberhasilan komunikasi lintas unit, terutama antara unit laboratorium dengan unit-unit terkait (rawat inap, rawat jalan, UGD, IBS). Pelaporan nilai kritis laboratorium di RS Keluarga Sehat menggunakan metode TULBAKON (Tulis Baca Konfirmasi). Metode ini sangat efektif untuk menunjang keberhasilan dalam pelaporan nilai kritis laboratorium.

Peningkatan pelaporan nilai kritis harus tetap dipertahankan, karena hal ini sangat berperan dalam peningkatan keselamatan pasien dan mutu Rumah Sakit. Upaya yang sudah dilakukan di laboratorium untuk meningkatkan pelaporan nilai kritis yakni dengan melakukan sosialisasi berkesinambungan pada saat briefing operan shift dan rapat bulanan, meningkatkan monitoring pelaksanaan pelaporan nilai kritis serta kerjasama dari berbagai pihak yang terkait untuk tetap menjalankan pelaporan nilai kritis laboratorium sesuai dengan standart operasional pelayanan yang sudah ada.