Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

Saat ini tidak ada agenda

Trans Cranial Doppler

Transcranial Doppler (TCD) adalah pengujian yang mengukur kecepatan aliran darah melalui pembuluh darah otak. Digunakan untuk membantu dalam diagnosis emboli, stenosis, vasospasm dari pendarahan subarachnoid (perdarahan dari pecahnya aneurisma), dan masalah lain, ini relatif cepat dan murah tes ini semakin populer di Amerika Serikat.

 

Trans Cranial Doppler

 

Peralatan yang digunakan untuk tes ini menjadi semakin portabel, sehingga memungkinkan bagi dokter untuk melakukan perjalanan ke rumah sakit, kantor dokter atau rumah sakit untuk pasien rawat jalan maupun rawat inap. Hal ini sering digunakan bersamaan dengan tes lain seperti MRI, MRA, Carotid Dupplex USG dan MSCT scan.


 

TCD direkomendasikan bagi para pasien yang mengalami:

  1. Tingkat kolesterol tinggi – Orang dengan tingkat trigliserida atau kolesterol dalam darah yang meningkat cenderung menderita stenosis karena adanya timbunan plak pada dinding arteri.
  2. Penyakit Kardiovaskular - Seseorang yang telah didiagnosis memiliki penyakit kardiovaskular mungkin saja telah mengalami kerusakan arteri yang secara signifikan dapat mempengaruhi asupan darah ke otak.
  3. Diabetes - Diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf dan sakit ginjal, yang dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah yang tidak normal. Tekanan darah yang tinggi meningkatkan risiko hipertensi dan stroke.
  4. Anemia sel sabit (sickle cell anemia) - Ini merupakan penyakit turunan yang ditandai oleh adanya sel darah yang berbentuk sabit dan bukan berbentuk bundar. Anemia ini mengurangi jumlah sel darah merah yang membawa oksigen. Sel-sel ini juga dapat menyumbat pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan asupan darah yang rendah ke otak. Orang yang menderita penyakit ini juga memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami hipertensi paru-paru (tekanan darah yang tinggi di bagian paru-paru) dan stroke.
  5. Embolisme - Embolisme terjadi saat emboli (dapat berupa gumpalan darah atau gelembung-gelembung udara, nanah, atau bahan lainnya yang diproduksi oleh bagian tubuh tertentu) mengalir melalui aliran darah dan kemudian menempatkan dirinya di dalam pembuluh darah.


TCD dapat direkomendasikan kepada pasien yang mengalami trauma seperti kecelakaan atau kekerasan (misal. Dipukul dengan benda tumpul). Cidera jenis ini dapat menyebabkan pendarahan atau pendarahan di dalam otak. Jumlah darah yang meningkat akibat pendarahan tersebut dapat meningkatkan tekanan intrakranial.

Terlebih lagi, TCD dapat digunakan untuk memonitor tindakan pembedahan atau untuk menentukan keberhasilan sebuah rencana perawatan pasien tertentu.

Tindakan ini memakan waktu sekitar 25 sampai dengan 30 menit. Alat ini merupakan satu-satunya ultrasound yang menghasilkan suara, yang dapat didengar oleh dokter dan pasien, walaupun gelombang suara itu sendiri tidak dapat didengar.