Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

CONTACT US FACEBOOK

Mengenal AMI ( Acute Myocardial Infarction)

dr. Agus Probo Suyono. Sp. JP

Salam Keluarga Sehat....Istilah AMI mungkin terdengar asing di telinga kita. Padahal mungkin sudah banyak tetangga, teman, bahkan keluarga yang pernah mengalaminya bahkan sampai meninggal dunia. Memang karena secara awam AMI dikenal dengan serangan jantung.

Istilah AMI ( Acute Myocardial Infarction) didasarkan adanya penyumbatan pembuluh darah secara akut / mendadak karena lepasnya endapan lemak pada pembuluh darah yang mengakibatkan kekurangan oksigen dalam otot jantung. Endapan tersebut disebabkan karena timbunan lemak di pembuluh darah akibat meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan oksigen tersebut akan menyebabkan perasaan tidak nyaman didada, bahkan nyeri yang khas. Seseorang yang mengalami AMI akan merasakan keluhan berupa nyeri dada pada daerah tulang dada yang menjalar ke lengan kiri, leher, atau rahang. Bersifat seperti ditekan, ditindih benda berat atau diplintir. Nyeri juga dapat disertai dengan keringat dingin, mual, nyeri perut, sesak napas bahkan pingsan. Pada kondisi seperti ini diperlukan penanganan yang cepat dan tepat di pusat pelayanan kesehatan terdekat agar tidak terjadi komplikasi dan kejadian fatal.

AMI tentu bukan tidak dapat dicegah. Terdapat beberapa faktor resiko penyebab AMI yang dapat diperbaiki misalnya dengan perubahan pola dan gaya hidup. Karena faktor resiko AMI diantaranya adalah merokok, diabetes mellitus (kencing manis), hipertensi ( tekanan darah tinggi ), hiperkolesterol ( kolesterol tinggi ) dan riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

Pola dan gaya hidup yang baik seperti tidak merokok, kurangi konsumsi makanan berlemak, konsumsi sayur, dan buah yang mengandung tinggi antioksidan ( vit A, vit C, dan vit E ), hindari stress serta rajin berolahraga harus diaplikasikan dalam keseharian untuk dapat mencegah AMI.

Menurut dr. Agus Probo Suyono. Sp. JP ( Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah RS.Keluarga Sehat) Bagi Anda yang pernah mengalami AMI, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya AMI tidak berulang dan penyakit jantung yang diderita tidak memburuk, diantaranya adalah :
1. Berhenti Merokok
2. Manajemen tekanan darah dengan target < 140/90
3. Manajemen lemak dalam darah ( LDL < 110 mg/dL, trigliserida < 150 mg/dL, HDL > 40 mg/ dL, Cholesterol Total < 200 mg/dL )
4. Olahraga ringan secara teratur ( olahraga yang bersifat konstan seperti jogging, senam dan yoga dengan target minimal 30 menit/ hari sebanyak 5 – 7 x/minggu ) dengan konsultasi dokter terlebih dahulu , disesuaikan dengan berat ringannya penyakit jantung yang dialami.
5. Manajemen berat badan
6. Manajemen kadar gula darah pada penderita diabetes
7. Konsumsi obat-obatan jantung dan penyakit peserta dari dokter secara rutin, jika didapatkan penyakit lain seperti batuk, flu dll sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli obat sendiri.
8. Manajemen stress psikis/emosi

Jadi bagi Anda yang merasa memiliki faktor resiko terkena penyakit jantung, atau memiliki gaya hidup yang tidak baik selama ini, tidak ada salahnya mulai sekarang membiasakan diri dengan pola makanan sehat dan rutin berolahraga. Ayo mulai hidup sehat dengan menyayangi jantung Anda.

_PRINT