Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

Saat ini tidak ada agenda

CONTACT US FACEBOOK

ANGKA PELAKSANAAN VERIFIKASI HASIL KONSULTASI VIA PHONE PADA KASUS STROKE NON HEMORAGIK (SNH)

Konsultasi via phone merupakan salah satu bentuk dari komunikasi yang efektif dan komponen dalam sasaran keselamatan pasien rumah sakit, komunikasi dianggap efektif bila tepat waktu, akurat dan lengkap tidak mendua (ambiguous) dan diterima oleh penerima informasi yang bertujuan mengurangi kesalahan-kesalahan dan meningkatkan keselamatan pasien. 

Komunikasi dapat berbentuk verbal, elektronik atau tertulis. Komunikasi yang tidak baik dapat membahayakan pasien. Komunikasi yang rentan terjadi kesalahan adalah saat perintah lisan atau perintah telephone, komunikasi verbal, saat menyampaikan hasil pemeriksaan kritis yang harus disampaikan lewat telepon hal ini dapat disebabkan perbedaan aksen dan dialek. Pengucapan juga dapat menyulitkan penerima perintah untuk memahami perintah yang diberikan, misalnya nama-nama obat yang rupa dan ucapannya mirip ( look alike, sound alike). RS keluarga sehat membudayakan untuk selalu melakukan verifikasi hasil konsultasi via phone oleh petugas kepada Dokter Penanggung Jawab Pasien dengan metode tulbakon dan metode SBAR serta medokumentasikan hasilnya dalam catatan perkembangan pelayanan terintegrasi.

Penelitian angka pelaksanaan verifikasi hasil konsultasi via phone tahun ini difokuskan pada kasus SNH dimana kasus SNH merupakan prioritas program peningkatan mutu dan keselamatan pasien RS Keluarga Sehat tahun 2019  dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai efektifitas komunikasi yang dilakukan melalui phone pada kasus pasien yang didiagnosa SNH sehingga tidak terjadi kesalahan terkait pelayanan pasien SNH.

Berdasarkan data yang ada pada tahun 2019 yaitu dari bulan Januari 2019 s/d Agustus 2019 didapatkan informasi prosentase angka pelaksanaan verifikasi hasil konsultasi via phone pada kasus SNH adalah sebagai berikut :

Bulan

 

Target

Jan

Feb

Mar

Apr

Mei

Jun

Jul

Ags

Prosentase

 

≥85%

73%

73%

72%

83%

86%

85%

87%

88%

grafik

Analisa :

Dari grafik tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa angka pelaksanaan verifikasi hasil konsultasi via phone pada kasus SNH masih kurang dari 100%, bila dilihat dari bulan Januari – April 2019 angka tersebut masih dibawah target yang dijadikan indikator sebesar 85% hal ini menunjukkan masih banyak hasil verifikasi konsultasi yang belum didokumentasikan pada kasus SNH. Bila diamati lebih lanjut grafik menunjukkan peningkatan pada bulan April 2019 dan mulai Mei 2019 mencapai dari target indikatornya. Hal ini menunjukkan adanya usaha perbaikan yang dilakukan sehingga angka pelaksanaan verifikasi hasil konsultasi via phone pada kasus SNH dapat tercapai, beberapa faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya pelaksanaan verifikasi konsultasi adalah kurangnya kedisiplinan para staff dalam mendokumentasikan hasil konsultasi secara langsung, rekomendasi yang bisa diberikan kepada para staff dalam pelaksanaan verifikasi konsultasi harus dilakukan dengan metode tulbakon dan SBAR serta mendokumentasikan segera agar tidak terlewatkan.

_PRINT