Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

CONTACT US FACEBOOK

VAKSIN ASLI UNTUK INVESTASI KESEHATAN ANAK DI MASA DEPAN

Masih hangat dibicarakan diberbagai media tentang berita terbongkarnya kasus penjualan vaksin palsu yang beredar di sejumlah wilayah di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi oleh Bareskrim Polri. Vaksin diberikan pada bayi dan balita bertujuan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit berbahaya. Namun oleh sekelompok orang tidak bertanggungjawab yang memalsukan vaksin, hak untuk hidup sehat balita ini telah dirampas.

Di Indonesia, imunisasi bayi dan anak dikelompokkan menjadi dua. Kelompok pertama berisi jenis imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah melalui program pengembangan imunisasi (PPI). Kelompok imunisasi yang diwajibkan ini vaksinnya disediakan sepenuhnya oleh pemerintah. Kelompok kedua adalah vaksin-vaksin tambahan yang dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Jenis vaksin dalam kelompok ini belum diwajibkan pemerintah.

Sesuai visinya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, KSH menempatkan perhatian penuh dalam layanan imunisasi, baik imunisasi dasar yang diwajibkan hingga vaksin tambahan. Perhatian ini diberikan sejak rencana kebutuhan ini ditentukan baik dari jenis, jumlah dan merek dagang vaksin. Meskipun sebagai institusi swasta, KSH sangat mendukung program pengembangan imunisasi pemerintah, sehingga vaksin yang disediakan tidak hanya vaksin branded namun vaksin pemerintah juga lengkap disediakan.

Penentuan sumber vaksin diperoleh menjadi perhatian berikutnya. Untuk vaksin dasar disediakan dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati yang disalurkan melalui Puskesmas Margorejo, sedangkan Vaksin tambahan disediakan hanya melalui Perusahaan Besar Farmasi (PBF) seperti APL. Di KSH, kebijakan tentang pegadaan obat dan vaksin telah diatur sejak awal rumah sakit ini berdiri dan pembelian dilarang melalui medical representative atau sales.

Pada saat vaksin diterima dari supplier, vaksin akan diteliti oleh petugas gudang farmasi. Hal yang diperiksa meliputi tanggal expired, suhu pada container transport, label penanda suhu vaksin dan kondisi kemasan. Bila ditemukan ketidaksesuaian, maka vaksin akan ditolak dan dikembalikan. Hal ini berlaku baik vaksin wajib dari pemerintah maupun vaksin tambahan yang diperoleh dari PBF.

Vaksin memiliki batasan rentang suhu penyimpanan, sehingga proses penyimpanan dan distribusi vaksin sangat penting diperhatikan. Bila suhu saat penyimpanan dan distribusi vaksin tidak sesuai, tentunya vaksin akan rusak dan tidak berguna. Untuk menjamin vaksin tetap dalam kondisi baik sampai saat diberikan ke bayi dan anak, KSH memiliki lemari pendingin khusus yang selalu dipantau suhunya selama 24 Jam untuk menyimpan vaksin.

Bayi dan anak kita adalah generasi penerus bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan kuat. Sebagai orang tua kita perlu mewaspadai peredaran vaksin palsu ini, namun jangan takut untuk meng-imunisasi-kan anak kita. Imunisasikan anak kita di fasilitas kesehatan yang menjamin mutu pelayanannya dan terjamin penyediaan vaksinnya. Jangan ragu untuk imunisasi di KSH beserta seluruh klinik satelitnya atau di Puskesmas dan posyandu di dekat tempat tinggal Anda.

13719564_1721996581386342_6437913044104594928_o

_PRINT