Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

Saat ini tidak ada agenda

CONTACT US FACEBOOK

Laser Endourologi

Oleh: dr. Indra Fahri, Sp.U



Kabupaten Pati merupakan daerah yang kaya dengan hasil bumi, baik dari pertaniannya subur hingga hasil laut yang melimpah. Kota Bumi Mina Tani ini dikelilingi pegunungan, sisi utara merupakan lereng Gunung Muria dan pegunungan kapur membujur disebelah selatan melintasi 5 kecamatan. Keadaan toporafi ini menyebabkan air tanah mengandung banyak zat kapur. Kondisi geografis tersebut dan pola makan kita yang banyak mengkonsumsi daging menjadi salah satu faktor terjadinya batu saluran kemih khususnya batu kalsium. Batu kalsium (kalsium oksalat dan atau kalsium fosfat) paling banyak ditemukan yaitu sekitar 75-80% dari seluruh batu saluran kemih.

Keluhan penderita batu saluran kemih tergantung pada: posisi atau letak batu, besar batu, dan penyulit yang terjadi. Keluhan yang paling sering adalah nyeri pinggang dapat berupa nyeri kolik maupun tidak. Nyeri kolik biasanya diakibatkan batu terletak di organ yang berongga seperti pelvis maupun ureter dan terjadi karena aktivitas otot polos yang meningkat dalam usaha pengeluaran batu. Hematuria atau kencing bercampur darah juga seringkali dijumpai oleh pasien karena trauma pada mukosa saluran kemih yang disebabkan batu.

Ketika dalam pemeriksaan ditemukan adanya batu saluran kemih maka perlu dilakukan penanganan segera, karena batu ini dapat mempengaruhi kesehatan ginjal dan saluran kemih. Pengobatan pemecah batu yang diidamkan tentunya hanya dengan minum obat, batu saluran kemih dapat dihancurkan, namun sayang hingga saat ini belum ada obat yang mampu menghancurkan batu. Tidakan berikutnya adalah pembedahan terbuka, tindakan ini dengan cara membuka dinding perut dan mengeluarkan batu. Tindakan ini mulai ditinggalkan mengingat resiko perdarahan dan kerusakan organ akibat sayatan dan hanya dilakukan bila terdapat kasus khusus. Alternatif selanjutnya adalah ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), tindakan ini menggunakan gelombang kejut untuk memecah batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah keluar melalui saluran kemih. Tindakan ini biasanya cukup perawatan rawat jalan namun bisa dilakukan lebih dari sekali dan tidak semua batu dapat dipecah seperti batu cysteine. Resiko yang dapat timbul dari tindakan ESWL adalah Sakit yang disebabkan oleh berlalunya fragmen batu; aliran urin tersubat akibat fragmen batu yang terjebak di saluran kemih dan fragmen ini mungkin perlu dihapus dengan tindakan endourologi; Infeksi saluran kemih; Pendarahan di sekitar bagian luar ginjal. Teknologi terkini yang sedang berkembang pesat dibidang batu saluran kemih adalah endourologi laser. Teknologi ini memenuhi kriteria pengobatan, karena aman untuk pasien, lama perawatan singkat, efektif menghancurkan segala bentuk batu dan tentunya efisien dari segi biaya karena tidak perlu berulang dilakukan tindakan. Laser Endourologi

Endourologi adalah cabang dari urologi yang berhubungan dengan tindakan yang menggunakan sedikit manipulasi pada traktus urinarius. Yang sangat berkembang akhir akhir ini pada prosedur tindakan Urologi. Berlawanan dengan bedah terbuka, endourologi menggunakan kamera kecil dan instrument yang dimasukkan melalui traktus urinarius. Hampir kebanyakan penyakit saluran kemih dapat dicapai melalui uretra. Seperti operasi pada penyempitan uretra, operasi prostat, tumor kandung kencing batu saluran kemih baik pada kandung kecil, ureter maupun pada ginjal. Berikut adalah beberapa penyakit yang sudah bisa ditangani dengan endourologi.

Pada perkembangan sekarang hampir semua batu saluran kemih dapat ditangani dengan endourologi. Baik itu batu di kandung kencing, ureter ataupun di ginjal. Dengan pembagian jenis alat yang sangat beragam untuk memecahkan batu. Mulai dari batu kandung kencing yang dapat dipecahkan secara mekanik, pneumatik ataupun dengan teknologi terbaru dengan laser. Begitu pula teknologi pemecahan batu pada ureter maupun ginjal yang dapat menggunakan URS semi rigid ataupun fleksibel, dengan teknologi pemecah batu seperti pneumatik, ultrasound ataupun laser. Selain untuk menghancurkan batu, melalui tindakan ini dokter dapat menentukan penyebab dari perkembangan batu ginjal dan membantu mengidentifikasi metode untuk mencegah pembentukan batu lanjut.

Sebagai rumah sakit yang telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat pati dengan teknologi terkini, prosedur endurologi ini telah tersedia di RS Keluarga Sehat. Alat endourologi ini menggunakan teknologi visual High Definition (HD) dengan cahaya LED  dan fasilitas berteknologi terkini dari Richard Wolf, perusahaan mecederai jaringan disekitar batu tersebut endourologi ternama di dunia yang telah banyak digunakan di seluruh negara termasuk Jakarta. Endourologi ini juga telah dilengkapi dengan laser holmium, sehingga batu sekeras apapun dapat dihancurkan. Teknologi laser ini sangat aman, batu yang ditembak oleh laser yang akan pecah dan tidak akan mecederai jaringan disekitar batu tersebut.

Selain sebagai pemecah batu, endourologi juga dapat digunakan Striktur Uretra, penyempitan pada uretra yang bersifat simple dan parsial dapat ditangani dengan endourologi. Penanganan dengan alat endourologi berupa kamera yang disatukan dengan pisau cold knife yang dapat membelah penyempitan dan membesarkan saluran uretra agar seperti normal. Tidakan lainnya adalah untuk pembesaran prostat. Penyakit yang timbul pada pria lanjut usia ini dapat ditangani dengan endourologi dengan kamera dan alat pemotong. Alat pemotong bisa berupa kauter yang berbentuk loop atau teknologi terbaru dengan laser prostat yang lebih ditujukan untuk prostat berukuran besar atau penderita dengan gangguan jantung.

Dengan semakin majunya teknologi endourologi ini sangat menguntungkan pasien. Karena lama perawatan berkurang, minimal invasive dan derajat nyeri juga sangat rendah jika dibandingkan dengan operasi terbuka konvensioal atau paska ESWL. (EKL)

_PRINT