Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

CONTACT US FACEBOOK

Fakta Menarik Batu Ginjal

 

Hallo sahabat sehat seneng banget bisa ketemu lagi dalam Sebaiknya Anda Tahu. Tema kita kali ini adalah batu ginjal. Wow... bahasan yang cukup berat ya... tapi kali ini kita ulas tema ini dengan sederhana menurut pandangan awam.

Penyakit ini sangat familiar. Kenapa begitu? Dalam kehidupan sehari hari kita kerap menjumpai kenalan kita terserang penyakit ini. Begitupun dengan saya, banyak dari kenalan yang menderita penyakit ini. Hal itu yang mendorong saya untuk bahas masalah penyakit batu ginjal ini.. Berikut fakta menarik seputar batu ginjal.

Ternyata pria lebih beresiko 2-4X lipat untuk terserang batu ginjal dibanding wanita. Hal ini dibuktikan melalui penelitian berkelanjutan selama 15 tahun oleh Institute Of Medical and Veterinary Science  di Australia. Hasilnya 70% dari total penderita batu ginjal adalah pria. Faktor usia dan keturunan juga mendorong resiko penyakit batu ginjal. Kebanyakan penderita berusia 40 tahun ke atas tapi tak jarang pula kita jumpai pada orang di usia produktif.

Kenapa usia produktif bisa terserang penyakit ini? Kurang minum bisa jadi jawabannya.  Karena kesibukan bekerja seringkali membuat seseorang lupa mengkonsumsi air putih sehingga kebutuhan cairan harian tidak terpenuhi. Selain itu kualitas air minum yang kita konsumsi juga berandil besar dalam resiko penyakit ini. Jika sudah cukup minum tapi masih terjangkit penyakit ini jawabannya adalah kualitas air yang kita konsumsi. Dalam suatu penelitian, ada daerah-daerah yang disebut daerah sabuk batu karena sebagian besar penduduknya menderita penyakit batu ginjal. Dan ternyata permasalahannya adalah pada air minum yang mereka konsumsi mengandung zat kapur. Jika di konsumsi jangka panjang, endapan zat-zat ini akan mengkristal dan membentuk batu dalam ginjal. Jadi telitilah memilih asupan air minum.

Selanjutnya pengaruh pola hidup juga berandil besar. Kebiasaan menahan kencing serta terlalu banyak duduk dan kurang aktifitas fisik juga menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal. Menahan kencing bisa membuat urin menjadi pekat dan keruh. Inilah awal proses terbentuknya batu ginjal. Karena besar kemungkinan terjadi endapan batu dalam saluran kemih. Selain itu riwayat asam urat dan konsumsi minuman suplemen juga sangat beresiko.

Kenapa minuman suplemen? Dalam minuman suplemen mengandung banyak protein untuk mendongkrak stamina secara instan. Dan bagi para penggila gym, protein amat diperlukan untuk membentuk massa otot. Intinya jika kandungan protein dosis tinggi berlebih, akan sangat menyiksa kerja ginjal karena banyaknya sisa protein yang disingkirkan. Cepat atau lambat jika terus berkelangsungan akan memicu kerusakan atau masalah pada ginjal.

Setelah panjang lebar pembahasan batu ginjal rasanya kurang afdol kalau gak bahas makanan. Nyammm...nyammm... kali ini kita ulas bakanan yang baik untuk pencegahan ataupun masa pengobatan penyakit batu ginjal. Yang pertama adalah jenis buah berries. Semua jenis berry sangat baik karena mengandung anti-inflamasi. Selain itu ada cery anggur dan apel yang bagus untuk detoksifikasi serta pembersih ginjal. Selain buah diatas, minyak zaitun, bawang merah dan bawang putih serta ikan salmon juga sangat baik untuk ginjal kita.

DenaDrinkLargerBkgd

Jadi pandai pandailah dalam menjaga kesehatan ginjal kita. Karna jika terkena batu ginjal akan sangat menyiksa bukan?? Ok sekian dulu goresan tinta ini semoga bermanfaat.

[JS]

 

_PRINT